Jumaat, 5 Disember 2008

15 Tips Mengundur Diri

Apakah anda sedang melakukan persiapan untuk berhenti dari pekerjaan
yang sekarang? Simaklah beberapa aturan umum, yang boleh dan tidak
boleh dilakukan, saat mengajukan berhenti dari pekerjaan dengan penuh
damai – dan hati-hati.

1. Pindahkan semua benda dan file-file pribadi dari kantor dan
computer secepatnya, kalau-kalau atasan anda meminta anda untuk segera
pergi begitu anda menyerahkan surat pengunduran diri.

2. Lakukanlah transfer pekerjaan selancar mungkin. Dan tawarkan
bantuan untuk mencari atau melatih pengganti anda.

3. Jangan membuat pernyataan apapun yang nantinya akan anda sesali.
Ingat pepatah lama: Jika kamu tidak memiliki sesuatu yang biak untuk
diucapkan, jangan ucapkan apapun.

4. Yakinlah dan berikan pemberitahuan yang memadai kepada atasan anda.

5. Jangan "membakar jembatan". Pergilah dengan tetap menjaga hubungan
yang baik dengan rekan sekerja maupun atasan.

6. Lakukan "wawancara keluar" jika diminta. Tetapi jangan katakan
apapun yang negative tentang atasan atau rekan kerja anda selama
wawancara – betapapun inginnya anda.

7. Jangan menghilang di minggu-minggu terakhir. Tetaplah menjadi
anggota kelompok yang produktif.

8. Pastikan bahwa anda menerima semua simpanan compensation & benefit,
termasuk bonus (jika ada), cuti tahunan yang tidak terpakai, dsb.

9. Jangan mempertimbangkan tawaran balik dari perusahaan, kecuali jika
anda benar-benar yakin tawaran itu jauh lebih baik. Penelitian
menunjukkan persentase yang tinggi bahwa karyawan yang menerima
tawaran balik, akan keluar juga pada akhirnya setelah satu tahun.

10. Buatlan rencana untuk selalu berhubungan dengan rekan kerja yang
penting, untuk memperkuat networking.

11. Jangan merasa bersalah dengan kepergian anda. Mungkin memang berat
untuk pergi, tetapi fokuslah terhadap kenyataan bahwa anda pergi untuk
mendapatkan peluang yang lebih baik. Dan Janganlah menyombongkan diri
dengan peluang bagus tersebut.

12. Lakukan sebaik-baiknya untuk mengumpulkan semua prestasi anda yang
utama. Dan tinggalkan laporan perkembangan yang terinci untuk atasan
atau rekan kerja anda.

13. Buatlah surat pengunduran diri yang professional.

14. Jangan merasa anda harus mengungkapkan yang sesungguhnya mengenai
sebab mengapa anda pergi, tetapi sampaikan secara sopan bahwa anda
berterima kasih telah diberi kesempatan bekerja di sana.

15. Serahkan surat pengunduran diri anda kepada atasan langsung anda
dan satu copy ke bagian HRD.

16. Ajak traktiran seluruh teman2 kantor untuk yang terakhir kalinya.
17.Serahkan gaji terakhir untuk kas kelompok rekans kerja
18. Pastikan anda tidak nganggur setelah memutuskan utuk berhenti agar
tidak merepotkan
  teman sekeliling mu..
19. kalo pt mo bangkrut tunggu PHK aja biar dapat pesangon
20. re-sign bareng aja yuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu......kxzzzzzzzzzzzz

-- 
Best regards,
Sutrisno salim

Tiada ulasan: