Ahad, 21 September 2008

Sujudlah KepadaNya

Sujud adalah sebuah amalan yang dilakukan makhluk,-tak hanya manusia-, kepada Tuhan semesta alam yaitu Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sujud mendatangkan ketenangan batin, kestabilan dan ketentraman. Sebab sujud alam kepada Rabb Maha Pencipta adalah sebuah sistem yang menyebabkan semuanya bekerja dengan sempurna. Sehingga tidak ada lagi ketimpangan dan kehampaan. Itulah makna sujud dalam keberadaannya.

Allah Swt Sang Maha Pencipta memerintahkan ritual sujud ini tidak hanya kepada manusia. Bahkan Dia SWT menyuruh melakukan hal ini kepada seluruh alam dan setiap makhluk yang Dia ciptakan. Bukan untuk Dia Yang Maha Kaya, akan tetapi manfaat sujud itu akan berpulang kepada setiap diri makhluk-Nya. Sayangnya hanya sedikit di antara kita yang menyadari bahwa sebenarnya alam ini terus bersujud kepada-Nya:

"Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang melata dan sebagian besar daripada manusia Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barang siapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang
memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki." (QS. 22:18)

Semua alam bersujud kepada Allah Yang Maha Pencipta. Bagi siapa yang tidak mau bersujud, maka ia akan mendapatkan siksa di akhirat dan hidup di dunia penuh dengan kehinaan. Naudzubillah!

Tiada ulasan: